The Double (2024): Lovey Dovey Xue Fangfei

 The Double pertama kali tayang di Youku pada bulan Juni 2024 sebanyak 40 episode dengan satu tambahan episode spesial yang menceritakan kisah Adipati Su dan Xue Fangfei setelah menikah. Pada awal Juli 2024 setelah penayangannya, rating The Double di mydramalist lumayan banget, 8.9 dengan jumlah vote lebih dari 6000 users.

Selain berjudul The Double, drama ini juga memiliki judul lain. Di China dikenal dengan judul Di Jia Qian Jin, sementara judul bahasa Inggris yang lain adalah Marriage of the Di Daughter. Meski agak-agak menimbulkan pertanyaan karena Xue Fangfei itu anak dari Xue Huaiyan dan Jiang Li anak dari Jiang Yuanbai. The Double diadaptasi dari web novel berjudul Marriage of the Di Daughter (嫡嫁千) yang ditulis oleh Qian Shan Sha Ke.

The Double
[Photo: Search by Google]

Naskah aslinya ditulis oleh Ren Ya Nan dan disutradarai oleh Bai Yun Mo, Luo Hao Ji Ji, dan Ma Shi Ge. Pada dasarnya fokus drama ini terletak pada historical romance, tapi lebih terlihat politik dan balas dendam saja dibandingkan sisi romansanya.

Kode-Kode Adipati Su

Bagi penikmat drama cinta yang membuat senyam senyum sambil teriak gemes, The Double sepertinya bukan pilihan yang tepat. Namun kalau menempatkan kisah cinta sebagai pelengkap cerita, drama ini cocok untuk ditonton. Meskipun saya bukan lagi fans Wu Jinyan dan bukan juga fans Wang Xingyue, chemistry mereka di drama ini patut mendapatkan apresiasi.

Adipati Su yang dingin dan kaku itu menjadi lebih luwes setelah mendapatkan pengakuan cinta dari Xue Fangfei. Bisa dibilang cinta yang sudah dipendam lama dan doa yang dilangitkan ketika mendengar kematiannya. Ternyata benar saja, di kehidupan setelahnya Adipati Su memang berjodoh dengan Xue Fangfei. Tentu saja, Xue Fangfei yang hidup kembali setelah dikubur suaminya bukan lagi Xue Fangfei yang rapuh dan mudah percaya dengan orang lain.

Melihat sepak terjang Adipati Su terhadap Xue Fangfei sebenarnya sudah kelihatan kalau Adipati Su itu punya maksud. Bukan sekedar mengawasi seorang bidak yang selama ini dipikir oleh kaisar. Ini soal menjaga Ah Li dalam bahaya.

Kaisar Xiao Hong dan Xiao Heng membahas Xue Fangfei
dan sepak terjangnya setiap mereka bermain catur.
[Photo: mydramalist/The Double]

Kode Adipati Su sangat banyak dan terlihat jelas. Xue Fangfei juga tahu itu. Sayangnya tujuan hidup Xue Fangfei memang sudah jelas. Misi selesai, dia sudah siap untuk mati. Meskipun pada akhirnya dia tidak rela Adipati Su mati di tangan musuh yang tidak sedikit.

Menjelang ending, saat Adipati Su mulai meragu antara menyelamatkan Xue Fangfei atau kaisar. Ini bagian yang bagian ngakak sekaligus manis banget. Saat kakeknya membawa Xue Fangfei yang diselamatkan sebagai sandera Shen Yurong, Adipati Su langsung menyambut Xue Fangfei dari kuda. Kaisar, pengawal Adipati Su, dan Jiang Yuanbai sampai mulutnya terbuka dengan pemandangan manis di depan mereka.

Adipati Su sudah mengincar Xue Fangfei dan memberi kode dengan jelas kalau dia selalu ada dimanapun Xue Fangfei dalam bahaya. Dia bahkan berjanji akan melindungi Xue Fangfei dalam keadaan apapun. kalau Shen Yurong tidak mampu mempertahankan Xue Fangfei, maka Xiao Heng akan melindunginya. Sekalipun harus mempertaruhkan hidupnya sendiri. Cie, cie!

Pengorbanan Tiga Lelaki

Semesta cinta memang berporos pada Xue Fangfei. Apalagi kalau dia sudah mulai berdandan dengan menempel manik-manik di wajah. Kecantikannya semakin berpendar. Membuat siapa saja tidak akan berkedip menatapnya.

Pada The Double episode jamuan makan malam bersama kaisar yang menyebabkan Ye Shijie dan Xue Fangfei nyaris dijebak, di sini terlihat jelas bahwa ada tiga lelaki yang menyukai Xue Fangfei. Shen Yurong jelas masih menyukai dan mencintai Xue Fangfei, dari cinta menjadi obsesi karena putus asa dan rasa bersalah. Ye Shijie, menerima ajakan Xue Fangfei bergabung dengan timnya di ujian kekaisaran juga karena ada ketertarikan kepada Xue Fangfei. Xiao Hong sudah jelas, dia memang sangat menyukai Xue Fangfei sejak dia masih berstatus bini orang. Nggak heran kalau netizen sampai menjuluki Wang Xingyue spesialis perebut bini orang.

Pengorbanan Xiao Hong dengan jabatan Adipati Su sudah jelas. Dia bermain cantik sebagai pejabat investigator yang mencari cara untuk memberantas korupsi di Kerajaan Yan, padahal juga berperan penting untuk melindungi hidup Xue Fangfei. Dia baru terang-terangan menunjukkan rasa suka dan mengakui kepada Kaisar Hong Xiao justru setelah kericuhan di keluarga Jiang yang mengundang Liu Wencai untuk mengusir arwah jahat dari Gunung Qingcheng.

Saat kaisar memuji drama yang diciptakan oleh Putri Wanning di keluarga Jiang gagal, Kaisar juga memuji Xue Fangfei yang ikut masuk memainkan drama tersebut. Xiao Heng kaget, dia diam saja belum mau mengatakan kalau dia tidak rela Xue Fangfei dimanfaatkan lebih jauh. Namun kaisar keburu bilang kalau Adipati Su harus menjaga bidak mereka agar tetap aman sampai saatnya dia dikorbankan. Kaisar juga memperingatkan kalau Xiao Heng harus menjaga perasaannya agar tidak terjerat dengan pesona Xue Fangfei.

Namanya juga cinta, mau sampai kapan dia bisa pertahankan tidak terjebak? Adipati Su sudah lama menyukai, tapi baru kemudian berani mengungkapkan setelahnyanya. Tepat saat Putri Wanning membuat keputusan untuk menikahkan Shen Yurong dengan Adipati Su. Bagian ini benar-benar gila, sih. Antara masuk akal dan aneh jalan ceritanya.

Ye Shijie beda lagi. Meskipun statusnya sebagai sepupu Jiang Li, dia juga rela melakukan apapun demi Jiang Li. Apalagi dengan kecerdasan dan kepekaannya, dia tahu kalau Xue Fangfei bukanlah Jiang Li sepupunya. Dia tahu Xue Fangfei itu istri Shen Yurong yang dikubur hidup-hidup.

Dia juga pernah melamar Xue Fangfei pada Jiang Yuanbai dan membuat syarat untuk tidak harus menerima pernikahan nantinya. Dia hanya ingin Xue Fangfei tidak menikah dengan Shen Yurong saja. Itu saja cukup untuk Ye Shijie. Xue Fangfei tidak menerima tawaran tersebut. Dia masih memikirkan perasaan Adipati Su. Sebegitu cintanya dia pada sang adipati, ya.

Xue Fangfei dan Shen Yurong saat duet memainkan alat musik.
[Photo: mydramalist/The Double]

Shen Yurong yang berusaha merebut kembali Xue Fangfei jadi berubah jahat banget. Dia melakukan berbagai cara untuk merebut kembali Xue Fangfei dari tangan Adipati Su. Setiap membayangkan interaksi Adipati Su dengan Xue Fangfei, dia sangat sakit hati. Kesal dan sedih hatinya.

Apalagi membayangkan adegan di penjara. Tatapan angkuh Xiao Heng menginjak harga dirinya yang terlihat gagal dan tidak punya kekuatan apa-apa untuk melindungi Xue Fangfei. Dia semakin merasa rendah diri karena menjadi budak Putri Wanning. Kondisi ini membuat dia semakin jahat, dong.

Memang cinta itu membuat orang akan lebih baik atau lebih jahat. Shen Yurong semakin jahat, sedangkan Adipati Su semakin baik. Cinta dan benci memang setipis tisu dibelah tujuh. Chemistry ketiganya memang pas banget. Cint segitiga yang benar-benar membuat hati kebat kebit melihatnya. Padahal jarak usia antara Wu Jinyan dan Wang Xingyue itu dua belas tahun, lho. Ah, wajah Wang Xingyue yang boros atau pembawaannya sebagai Xiao Heng yang sangat berwibawa dan dewasa.

Posting Komentar

0 Komentar